Wisata Seru di Danau Toba Mulai dari Pulau Hingga Taman

Danau Toba selalu menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatra Utara. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer sehingga tercatat sebagai kaldera terbesar di dunia. Danau ini juga sudah menjadi ikon yang tak bisa dilepaskan dari provinsi dengan ibukota Medan ini.

Keindahan yang disuguhkan Danau Toba serta pemandangan sekelilingnya memang menjadi daya pikat utama yang berhasil menarik banyak sekali wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Danau Toba sendiri memiliki keunikan yang mengagumkan, salah satunya yaitu dikelilingi oleh banyak pulau. Pulau di danau toba ini masing-masing menyimpan keindahan sehingga semakin memperkaya wisata di Danau Toba. Yang paling terkenal adalah Pulau Samosir, Pulau ini merupakan pulau yang paling populer di Danau Toba. Pulau Samosir sendiri memiliki luas 630 km2 artinya hampir menyamai luas Singapura. Ada beberapa pulau di danau toba tetapi pulau ini lah yang merupakan pulau terbesar di Danau Toba. Pulau Samosir tercatat namanya di urutan lima sebagai pulau terbesar di tengah danau yang ada di dunia. .

Selain itu ada Pulau Sibandang yang merupakan salah  satu dari 16 geosite, Geopark Kaldera Toba. Posisinnya berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau Sibandang menjadi pulau terbesar kedua setelah Pulau Samosir. Pulau ini berada pada Kecamatan Muara, Taput ini luasnya sekitar 850 hektare. Di pulau tersebut ada sejumlah desa serta sejumlah home stay juga ada di sana untuk tempat wisatawan menginap.

Selain menikmati danau toba, banyak juga tempat wisata seru di daerah danau toba yang patut di coba. Misalnya Kebun Bunga Sapo Juma Tongging yang sebenarnya adalah sebuah penginapan di pinggir Danau Toba. Tetapi memiliki suasana yang tenang

Nama Sapo Juma menjadi cukup viral di media sosial khususnya di instagram. Hal ini dikarenakan adanya bunga bunga cantik di area Sapo Juma. Banyak sekali pengunjung yang berfoto-foto di lokasi kebun bunga Sapo Juma tersebut.

Selanjutnya ada Lembah Bakkara, yang dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara merupakan tempat kelahiran dari Raja Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda. Terdapat juga spot foto unik di sarang burung, yaitu puncak Sidiangkat, Sidikalang. Melalui panorama keindahan alam tanah Pakpak wisatawan bisa menikmati udara segar karena jauh dari polusi udara, Puncak Sidiangkat patut menjadi pilihan untuk dikunjungi saat berada di Kabupaten Dairi sekitaran Danau Toba.

Keindahannya juga ditambahkan dengan adanya spot foto unik berupa sarang burung raksasa yang berlatarkan keindahan alam dengan hijaunya pepohonan. Hal ini tentu menjadi magnet tersendiri bagi setiap pengunjung.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these