Tips Mudah Belajar Bahasa Hokkien sampai Lancar

Bahasa Hokkien menjadi salah satu jenis bahasa yang saat ini cukup banyak diminati dan ingin dipelajari. Sering juga dikenal dengan nama bahasa Hokkian, ini merupakan jenis percabangan dari bahasa Minnan. Bahasa ini biasa digunakan di Tiongkok dan sering juga ditemui di Indonesia. Tertarik untuk belajar bahasa Hokkien? Mari simak beberapa tips mudah untuk menguasainya.

Tips Belajar yang Bisa Diterapkan

Jenis bahasa ini memang tidak mudah untuk dikuasai karena mungkin terdengar cukup asing bagi Anda. Namun, dengan teknik belajar yang tepat maka bahasa tersebut bisa dikuasai dalam waktu singkat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan saat ingin menguasai bahasa Hokkien:

1. Cari Referensi Belajar

Pertama, Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu. Ada banyak sekali referensi belajar bahasa Hokkien yang dapat ditemui di internet. Manfaatkan saja fasilitas tersebut untuk menguasai bahasa ini. Apalagi jika Anda memang ingin belajar secara otodidak maka sangat direkomendasikan untuk aktif mencari referensi sendiri.

Dengan memanfaatkan koneksi internet, Anda bisa menemukan begitu banyak pilihan sumber belajar bahasa tersebut. Banyak website yang menyediakan panduan lengkap untuk menguasai jenis bahasa ini. Selain itu ada banyak juga website yang membagikan kosakata maupun susunan kalimat sederhana dalam bahasa Hokkien.

2. Mulai dari Kata Sederhana

Sama halnya seperti saat Anda belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, mulailah dari kata-kata yang sederhana. Ini sangat penting karena memulai dari yang mudah akan membantu Anda lebih terbiasa. Bahasa ini mungkin sangat asing bagi Anda sehingga sulit untuk langsung menguasai penggunaan kalimat yang lengkap jadi mulai saja dari kata-kata yang simple terlebih dahulu.

Buat target berapa banyak kata yang harus dikuasai dalam satu hari. Anda bisa menggunakan catatan kecil untuk menuliskan semua kosakata yang harus dihafalkan. Pastikan untuk terus mengulang kata-kata tersebut dan pahami artinya dengan baik. Jangan lupa pelajari juga cara pelafalan yang tepat sehingga Anda bisa berbicara dengan lancar.

3. Ikut Program Les

Jika belajar bahasa Hokkien secara otodidak terlalu sulit maka Anda bisa bergabung dengan program belajar. Minat masyarakat yang cukup tinggi untuk mempelajari bahasa ini membuat banyak pihak merilis program belajar. Anda bisa mencari informasi tempat-tempat yang mengadakan kelas belajar bahasa ini. Jadi Anda bisa belajar sambil didampingi oleh guru yang sudah mahir berbahasa Hokkien.

4.Gunakan Video Belajar

Saat ini Anda juga bisa belajar apapun dengan mudah lewat platform YouTube. Carilah video belajar yang ada di platform tersebut. Melalui video, Anda bisa melihat seperti apa cara pelafalan kata-kata Hokkien yang tepat. Selain itu metode belajar ini juga sangat direkomendasikan jika Anda merasa kesulitan untuk belajar hanya dengan membaca buku teks.

5. Praktikkan dalam Berkomunikasi

Ketika Anda belajar bahasa Inggris, pasti guru Anda akan menyarankan untuk mempraktikkannya dalam berkomunikasi. Sama halnya dalam proses belajar Hokkien. Anda bisa mulai mempraktikkan kemampuan bahasa Anda saat berkomunikasi dengan orang lain. Ajak orang lain yang sudah mahir berbahasa Hokkien untuk mengobrol dan lihat sejauh apa kemampuan Anda.

Bahasa Hokkien ini bisa jadi salah satu jenis bahasa yang penting untuk dipelajari. Saat ini di Indonesia ada banyak pelaku bisnis yang berasal dari Tiongkok dan menggunakan Hokkien sebagai bahasa komunikasinya. Tentu akan jauh lebih mudah untuk menjalin relasi yang baik dengan para pebisnis tersebut jika Anda menguasai bahasa yang sama.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these