Telat Ganti Oli Mobil? Ini Akibatnya!

Sekarang ini, membeli mobil dengan sistem kredit memang semakin dimudahkan karena sudah ada simulasi kredit, seperti simulasi kredit Mitsubishi Xpander. sehingga membantu pembeli mengecek harga cicilan mobil yang akan dibelinya.

Meskipun dimudahkan, tetap saja setelah mendapatkan mobil tersebut, pembeli harus rutin merawat mobilnya, salah satunya seperti melakukan penggantian oli mobil. Jika telat sedikit saja, bisa menimbulkan beberapa akibat berikut:

  1. Boros bahan bakar

Salah satu akibat yang ditimbulkan jika telat ganti oli mobil adalah boros dalam menggunakan bahan bakar. Di mana, pemborosannya sendiri terjadi karena komponen pada mesin mobil dipaksa untuk bekerja maksimal padahal tarikannya sudah berkurang. Jika dibiarkan, tentu malah membuat bahan bakar pada mobil menjadi lebih cepat habis. Untuk itu, jangan sampai telat ganti oli mobil, ya.

  1. Mobil tidak bertenaga

Oli biasanya memiliki umur pemakaian sehingga harus diganti sesuai tanggal kedaluwarsanya. Apabila Anda lupa mengganti oli, maka komponen-komponen di dalam mobil akan sulit untuk bekerja secara maksimal karena oli yang seharusnya dimanfaatkan untuk melumasi mesin mobil malah tidak lagi layak pakai sehingga menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga.

  1. Mesin mobil cepat panas (overheat)

Telat ganti oli mobil juga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi lebih cepat panas atau dikenal dengan istilah overheat. Kondisi seperti ini tentu berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak, khususnya saat mobil dikendarai. Untuk itu, jangan malas lagi mengganti oli mobil supaya terhindar dari overheat, ya.

  1. Mobil menjadi aus

Tak hanya overheat, telat melakukan penggantian oli pada mobil juga bisa menyebabkan mobil menjadi lebih cepat aus. Penyebabnya sendiri karena oli yang sudah mengental dan mengendap sehingga menimbulkan kerak pada dinding mesin mobil. Jika endapan oli ini dibiarkan sampai mongering, maka bisa menimbulkan kerak pada mesin mobil. Untuk mencegah hal ini, rutinlah selalu mengganti oli mobil.

Itulah dia beberapa akibat yang ditimbulkan jika telat mengganti oli pada mobil. Pastikan untuk rutin mengganti oli mobil Anda, ya, supaya terhindar dari kejadian-kejadian di atas.

Semoga artikelnya bermanfaat untuk Anda!

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these