Olahraga untuk Anak SD yang Baik Bagi Tumbuh Kembangnya

Berolahraga baik untuk tubuh setiap orang termasuk anak-anak. Tidak hanya berguna menurut kesehatan tetapi olahraga juga mampu mendukung perkembangan mentalnya. Olahraga ini sering kali dianggap menyenangkan bagi anak-anak. Namun pemberian olahraga harus sesuai dengan usianya sehingga penting untuk mengetahui jenis olahraga anak yang cocok.

Katakanlah SehatQ akan membahas tentang jenis olahraga yang cocok untuk anak SD usia 6 sampai 7 tahun. Terlebih lagi usia emas 6 sampai 7 tahun merupakan periode perkembangan yang paling pesat bagi fisik anak-anak. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis olahraganya maka baca sampai tuntas.

 

Beberapa Jenis Olahraga Anak SD

Seorang anak yang sering melakukan aktivitas maka kemampuan fisik dapat terus meningkat. Tentu saja aktivitas fisik yang dimaksud juga tidak boleh terlalu berat. Proses penyampaian pun menggunakan perintah yang pendek-pendek sehingga mudah dipahami oleh anak usia 6 dan 7 tahun.

1. Berenang

Berenang cara rutin bagi anak SD umur 6 sampai 7 tahun meningkatkan kebugaran tubuhnya. Berenang sendiri juga memiliki efek positif terhadap kinerja jantung dan pertumbuhan paru-paru. Olahraga berenang menggunakan koordinasi gerakan tangan dan kaki supaya bisa terus mengapung di dalam air.

Berenang juga akan membantu anak-anak memiliki postur tubuh ideal baik dalam hal berat maupun tingginya. Pembakaran kalori juga berlangsung dengan baik sehingga menurunkan risiko terjadinya obesitas pada usia anak-anak. Tidak heran kalau orang tua zaman sekarang banyak yang mendaftarkan anaknya untuk ikut les renang sejak pertama kali masuk SD.

2. Bersepeda

Sebagai orang tua juga perlu untuk mengajak anaknya secara aktif bersepeda. Luangkan waktu paling tidak seminggu sekali dan ajak anak-anak pergi ke suatu tempat dengan bersepeda. Bersepeda sendiri mampu membakar kalori dengan jumlah cukup banyak terutama saat Anda dan keluarga pergi bersepeda sejauh 6 km untuk perjalanan pulang pergi.

Bersepeda sendiri juga mampu memberikan efek psikologi yang baik kepada anak. Sikap positif juga akan dirasakan dari segi sosial karena anak jadi mampu semakin dekat dengan orang tuanya. Bersepeda sendiri juga memiliki keuntungan dapat membuat kaki menjadi kuat sehingga kedepannya anak bisa berolahraga lari dengan baik. Olahraga lari sendiri biasanya dilakukan untuk anak-anak dengan usia 8 sampai 9 tahun.

3. Main Sepak bola

Bagi Anda yang memiliki anak perempuan maupun laki-laki maka tidak masalah mengajari mereka bermain bola. Bermain bola di lapangan juga bisa sangat menyenangkan. Selama Anda tetap mengawasi mereka ketika melakukan kegiatan fisik di luar rumah.

Ajarkan mereka mengenai olahraga sepak bola untuk bisa melatih ketangkasan mereka. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif untuk membuat antar pemain saling berkomunikasi dengan baik. Hal ini mampu membangun kemampuan sosial sang anak juga.

4. Skating

Faktanya bermain skating juga dapat dilakukan untuk anak-anak. Olahraga ini mampu meningkatkan koordinasi antara kaki, tangan, dan mata. Selain itu ice skating juga bermanfaat bagi pertumbuhan sosial anak karena biasanya akan berkomunikasi dengan rutin terhadap orang tua selama melakukan kegiatan fisik tersebut.

Tak hanya itu olahraga ini juga bisa mendidik kedisiplinan dan fokus seorang anak. Tentu saja anak-anak pasti akan merasa sangat senang lakukan aktivitas skating karena biasanya dekorasi di wahana permainan ini juga menarik.

Anda sudah mengetahui daftar jenis olahraga yang tepat untuk anak usia 6 sampai 7 tahun. Pada usia tersebut Anda yang mengindikasi adanya keterlambatan belajar pada anak maka dapat berkonsultasi. Nantinya dokter akan memberikan tindakan medis khusus.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.