Hal yang Harus Diketahui dari Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang ditimbulkan dari iritasi atau peradangan pada dinding saluran bronkus. Biasanya dialami oleh berbagai jenis orang baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

 

Apa saja hal yang harus diketahui dari bronkitis adalah?

1. Bronkitis Adalah

Bronkitis sendiri merupakan sebuah penyakit  yang menyerang dinding saluran bronkus. Bronkus adalah sebuah pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke paru-paru

Biasanya bronkitis ditandai dengan batuk yang mana biasanya disertai dengan keluarnya dahak atau lendir akibat iritasi pada dinding bronkus tersebut. Adalah suatu penyakit yang bisa jadi memburuk dan akan dialami oleh siapa saja dan memang harus ditangani agar tidak terjadi resiko.

Bronkitis yang memburuk dan tidak ditangani akan menyebabkan risiko terjadinya pneumonia arah bronkopneumonia. Penyakit tersebut biasanya ditandai dengan nyeri dada hingga demam serta penurun kesadaran pada para orang yang memiliki penyakit tersebut.

2. Bronkitis Terbagi Menjadi Dua Jenis

Bronkitis terbagi menjadi dua jenis yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis dan ini harus diketahui oleh anda. Bronkitis akut pada umumnya berlangsung selama 10 sampai 14 hari lamanya namun penderita ini biasanya mengalami batuk hingga 3 minggu lamanya.

Gejala tersebut memang harus diketahui lebih lanjut terutama untuk orang yang rentan sekali terkena penyakit. Pada umumnya bronkitis akut bisa terjadi pada siapa saja namun lebih sering dialami oleh anak-anak yang usianya direntang 5 tahun ke bawah.

Selanjutnya adalah bronkitis kronis yang berada umumnya berlangsung selama 3 bulan atau terjadi selama beberapa kali dalam kurun waktu 2 tahun. Bronkitis kronis ini merupakan sebuah penyakit paru obstruktif kronik yang dialami oleh banyak orang salah satunya dewasa dan anak-anak.

Pada bronkitis yang satu ini lebih sering terjadi pada orang dewasa utamanya usia 40 tahun ke atas. Dua jenis bronkitis ini adalah dua jenis yang perlu diketahui lebih lanjut sebab merupakan pemetaan bronkitis yang mana harus diketahui dari penyebabnya dan penderitanya.

3. Gejala dan Penyebab

Adapun terdapat gejala umum yang terjadi pada bronkitis yakni batu dan biasanya juga disertai dengan demam. Tidak hanya itu saja karena penderita bisa mengalami sesak nafas dan sakit tenggorokan. Tentunya terdapat kasus yang parah karena batuk bisa menyebabkan nyeri dada atau penurunan kesadaran pada beberapa orang.

Perlu diketahui penyebab bronkitis juga terbagi menjadi dua yakni infeksi dan non infeksi. Bronkitis dengan infeksi pastinya berbeda dengan non infeksi karena bronkitis akibat infeksi dapat berasal dari virus atau bakteri.

Tentu berlainan apabila bronkitis tersebut adalah bronkitis non infeksi yang mana merupakan kebiasaan merokok atau paparan debu serta polusi yang berada di jalan. Bronkitis dan infeksi tentunya harus dihindari oleh siapa saja yang bekerja di luar ruangan atau seorang perokok aktif.

Selain itu juga terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena bronkitis yakni daya tahan tubuh yang cenderung lemah dan sering sekali terpapar zat berbahaya seperti amoniak. Faktor-faktor tersebut adalah faktor yang harus diperkecil dan diminimalisir.

4. Pengobatan dan Pencegahan

Terdapat beberapa cara untuk mengobati dan mencegah bronkitis yakni dengan mengkonsumsi obat batuk berdahak. Penderita juga disarankan untuk banyak minum air putih dan istirahat yang cukup untuk membantu proses pemulihan dan bisa dicegah dengan tidak merokok atau selalu mencuci tangan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these

No Related Post