Fungsi dan Peranan Otot Polos

Otot polos merupakan salah satu bagian dari otot manusia. Perlu diketahui otot manusia terdiri atas beberapa jenis serta memiliki karakteristik masing-masing. Salah satunya yaitu otot polos yang memiliki fungsi begitu penting. Tentunya sebagian besar dari Anda masih belum terlalu mengetahui di mana letak, cara kerja bahkan mungkin fungsi dari otot polos itu sendiri.

Apa Peranan Otot Polos?

Di dalam tubuh manusia itu sendiri terdapat kurang lebih 600 otot yang dibagi menjadi tiga jenis antara lain yaitu otot rangka, otot jantung dan otot polos. Khusus mengenai otot polos ini otot tersebut dapat bekerja secara otomatis tanpa Anda sadari atau tanpa harus segera menggerakkannya.

Sekalipun dapat berfungsi tanpa kesadaran otot polos mempunyai peranan yang begitu penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Otot polos letaknya yaitu tersebar di area seluruh tubuh, seperti contohnya saluran pencernaan, sistem pernapasan, kandung kemih dan lain-lain.

Fungsi dari otot polos itu sendiri yaitu tergantung pada tempat maupun letaknya di dalam tubuh manusia. Sebagai contoh di sini otot polos yang terdapat di bagian dinding rahim seorang wanita maka otot tersebut akan membantu di dalam proses kehamilan hingga akhirnya nanti proses persalinan bayi.

Otot polos di bagian sistem pencernaan yang mempunyai fungsi dalam mengakomodir perjalanan makanan. Selanjutnya terdapat otot polos di bagian mata yang mempunyai fungsi dan peranan untuk mengubah ukuran iris serta bentuk dari lensa mata.

Biasanya jaringan otot ini mempunyai manfaat yang serupa yaitu sebagai alat gerak aktif. Sementara itu otot polos mempunyai fungsi dalam memberikan gerakan sekalipun di sini di luar kehendak Anda.

Fungsi dari Otot Polos

Otot polos mempunyai karakteristik yaitu mampu untuk menggerakkan fungsinya di luar kesadaran manusia atau di luar kehendak tubuh manusia. Itulah yang membedakan antara otot polos dengan jenis otot-otot yang lain.

Sekalipun begitu otot polos memiliki peranan yang begitu penting karena dapat membantu jalannya sistem organ yang terdapat di dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan peranan dari otot polos diantaranya yaitu:

  • Sebagai pengendali aliran darah serta tekanan darah yang terdapat pada sistem kardiovaskuler
  • Sebagai penggerak makanan yang terdapat pada saluran pencernaan
  • Untuk melakukan pengaturan aliran pada ginjal serta sistem berkemih.
  • Melakukan kontrol untuk kontraksi rahim serta penggerak aliran sperma yang terdapat pada sistem reproduksi.
  • Membuat rambut berdiri atau merinding dengan otot erektor pili di bagian sistem integumen.
  • Mengatur ukuran dari bronkiolus di sistem pernafasan.
  • Mengatur pelebaran serta penyempitan pupil mata dan kemudian mengubah bentuk lensa mata yang terdapat pada sistem sensorik.

Oleh karena di sini otot polos mempunyai peranan serta fungsi yang begitu penting bagi tubuh manusia maka menjaga kesehatan dari otot polos merupakan sesuatu yang sangat perlu untuk Anda lakukan.

Berdasarkan dari sejumlah penelitian yang pernah dilakukan seseorang yang di sini memiliki massa otot yang jauh lebih kuat maka akan mempunyai resiko kematian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki massa otot lebih kecil.

Selain itu memiliki otot yang sehat juga akan membantu Anda dalam menurunkan risiko terserang oleh penyakit diabetes serta memperkecil dampak kerusakan tulang jika terjadi kecelakaan ataupun insiden.

Itulah tadi ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan otot polos serta apa saja peranan dan fungsinya bagi tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.