Cara Mengasah Kemampuan Analisis bagi Mahasiswa

Mahasiswa perlu memiliki beberapa keterampilan yang akan membantu pada kehidupan pekerjaan nantinya. Salah satunya adalah keterampilan analisis, terlebih lagi bagi para mahasiswa bisnis yang ingin menjadi seorang konsultan bisnis. Cara melakukan analisis yang biasa dilakukan oleh konsultan adalah:

1. Mengumpulkan Informasi

Dengan  informasi yang didapatkan, maka selanjutnya akan dilakukan evaluasi berdasarkan analisis yang objektif, sehingga dapat menghasilkan data sistematis dan terstruktur.

2. Mengidentifikasi Masalah

Ketika mendapati informasi penting dan sudah mengolahnya, kamu bisa mengidentifikasi apa masalah sebenarnya dan melihat lebih jelas celah atau kondisi yang tidak tepat untuk terjadi.

3. Mencari Solusi

Terakhir, setelah banyak mengumpulkan dan mengolah informasi dan mengidentifikasi masalah. Kamu perlu mencari informasi yang objektif agar dapat menarik solusi dari permasalahan.

Untuk melatih kemampuan tersebut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, berikut ini tipsnya:

4. Banyak Membaca

Kegiatan membaca adalah aktivitas yang dapat mengasah kerja otak. Saat sedang membaca, kamu akan menerima berbagai informasi. Aktivitas ini akan memberimu perspektif baru dan mengasah kemampuan berpikir analitis.

5. Mind Mapping

Selanjutnya adalah dengan berlatih mind mapping, yaitu  metode berpikir tentang suatu hal melalui pemetaan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah melihat suatu permasalahan dengan mendalam, detail, dan sistematis.

Hal ini dapat melatih otak untuk berpikir secara terstruktur. Kamu bisa berlatih dengan membuat mind map dalam mengerjakan sebuah tugas.

6. Bermain Game Asah Otak

Cara ini merupakan cara yang menyenangkan, kamu bukan hanya terhibur, tetapi juga sebagai media belajar. Permainan otak yang sederhana ternyata juga mampu meningkatkan skill dalam berpikir analitis. Salah satu game asah otak populer adalah rubik.

 

Bagi kamu calon mahasiswa, mulai cari kampus yang memberikan program pendukung agar para mahasiswanya dapat melatih keterampilan analisis. Seperti, pelopor sekolah bisnis manajemen yaitu Universitas Prasetiya Mulya yang mendorong mahasiswanya untuk dapat merasakan pembelajaran nyata melalui berbagai tugas project. Salah satu sekolah bisnis entrepreneur ini juga bekerja sama dengan berbagai industri agar mahasiswa bisa langsung mempraktikkan dan mengimplementasikan ilmu teoritis yang telah dipelajari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.