7 Ciri-Ciri Kanker Payudara Tahap Awal yang Harus Diwaspadai Selain Benjolan

Tahukah Kawan Puan pada Oktober ini dunia tengah memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara yang menjadi salah satu penyakit mematikan untuk perempuan. Salah satu gejala atau ciri ciri kanker payudara yang paling diwaspadai dan banyak diketahui ialah benjolan di organ tubuh tersebut. Namun,melansir , ciri ciri kanker payudara tahap awal ternyata tidak selalu menimbulkan benjolan di beberapa kasus.

Agar Kawan Puan tidak lengah dengan ciri tersebut, PARAPUANtelah merangkum 8 ciri ciri kanker payudara tahap awal yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak! Ciri ciri kanker payudara tahap awal lain adalah perubahan pada sel sel kulit. Perubahan ini memicu rasa sakit, nyeri saat ditekan, dan ketidaknyamanan pada payudara. Bahkan, beberapa penderita menggambarkan rasa sakitnya berupa rasa panas mirip terbakar.

Read More

Meskipun kanker payudara seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, maka itu penting untuk tidak mengabaikan setiap perubahan pada payudara. Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan tekstur kulit sekitar dan pada organ tubuh itu. Peradangan pada sel sel kulit payudara menjadi penyebab perubahan tekstur kulit tersebut.

Beberapa perubahan tersebut ialah kulit bersisik atau sangat kering di sekitar puting dan areola, kulit di bagian payudara menebal, dan terkadang muncul rasa gatal. Akan tetapi,tidak semua perubahan tekstur kulit payudara merupakan gejala awal kanker payudara, ya. Perubahan tekstur kulit payudara juga bisa disebabkan dermatitis dan eksim. Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan sel di belakang puting susu. Perubahan tersebut dapat menyebabkan puting susu tenggelam atau terbalik ke bagian dalam payudara.

Tidak hanya itu, puting susu juga bisa mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Perubahan tampilan puting sering terjadi selama ovulasi atau bagian siklus menstruasi. Nah, jika Kawan Puan menemukan perubahan bentuk puting susu di luar siklus menstruasi, ada baiknya kamu langsung berkonsultasi ke dokter. Gejala awal kanker payudara ini bisa menbuat kulit di sekitar payudara berubah warna menjadi merah, ungu mirip memar, hingga kebiruan.

Jika Kawan Puan mengalami perubahan warna tersebut pada payudaramu dan tidak mengalami trauma fisik apa pun, maka pertimbangkanlah untuk konsultasi dengan dokter. </strong> Kawan Puan perlu tahu bahwa esung pipit di kulit payudara juga dapat menjadi salah satu ciri ciri kanker payudara tahap awal yang agresif.

Peradangan pada jaringan payudara biasanya menjadi penyebab hadirnya lesung pipit di payudara. Sel sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan getah bening di payudara dan menyebabkan kulit bengkak, berlesung pipit, bahkan berlubang. Apabila kamu melihat lesung pipit di payudara, segera konsultasi dengan dokter.

Dokter lebih sering menyebut perubahan ini "peau d'orange" karena lesung pipit di kulit menyerupai permukaan jeruk. Payudara membengkak menjadi salah satu ciri ciri kanker payudara tahap awal yang perlu kamu perhatikan dan amati. Apalagi jika ukuran payudara satu dan lain bentuknya sangat berbeda. Terlebih apabila perubahan bentuk dan ukuran tersebut terjadi baru baru ini.

Tidak hanya payudara bengkak, ciri ciri kanker payudara tahap awal lain ialah kulit di sekitar payudara juga terasa kencang. Namun, jika kamu mengalaminya, jangan terburu panik. Bisa begitu karena kondisi penuaan, hormon, dan faktor lain juga memengaruhi perubahan tersebut. Akan tetapi, kamu tetap harus waspada dan mengunjungi dokter, ya. Terutama jika perubahan itu tidak berhubungan dengan siklus menstruasi, cedera, atau riwayat tertentu.

Apabila kamu tidak sedang menyusui tapi ada cairan yang keluar dari puting, waspadalah itu bisa menjadi salah satu ciri ciri kanker payudara tahap awal. Cairan itu bisa encer ataupun kental. Selain itu, warna cairan itu bisa bervariasi seperti bening, keruh putih mirip susu, kuning, hijau, atau kemerahan. Namun, keluarnya cairan dari puting payudara tidak selalu gejala kanker payudara tahap awal, ya.

Hal tersebut ternyata bisa disebabkan infeksi payudara, efek samping pil kontrasepsi atau obat tertentu, hingga penyakit tiroid. Jadi, itulah ciri ciri kanker payudara tahap awal yang perlu Kawan Puan waspadai, seperti nyeri pada dada hingga puting susu yang tenggelam. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.