5 Kiat Penting Manajemen Finansial bagi UMKM

Usaha kelas kecil dan menengah dikenal sebagai UMKM yang bisa dimiliki perorangan atau badan usaha sesuai peraturan pemerintah. Pada masa pandemi seperti sekarang, UMKM merupakan jenis usaha yang paling terkena dampak hingga terpaksa gulung tikar. Untuk Anda yang ingin membangkitkan kembali UMKM yang mati suri selama pandemi, maka pastikan melakukan pengelolaan finansial dengan baik. Memakai software kasir yang terpercaya bisa mendukung efisiensi usaha Anda lebih optimal, lho!

Poin Penting Dalam Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Bila Anda memiliki usaha kecil di rumah atau tempat usaha dengan omzet yang masih berada di level bawah 500 juta untuk UMKM, pastikan tahu cara mengelola keuangan usaha kecil dan menengah berikut :

1. Membuat laporan keuangan rutin

Supaya bisnis Anda bisa berjalan lebih lancar, pastikan Anda memiliki edukasi seputar laporan keuangan perusahaan. Ada empat laporan keuangan wajib yang harus selalu disajikan sebagai analisa bisnis dan pengambilan keputusan yang mencakup laporan laba rugi, laporan neraca, laporan modal, dan laporan arus kas atau pendapatan harian.

2. Membuat perencanaan keuangan dengan tepat

Sebelum membuka usaha atau Anda hendak membangkitkan kembali UMKM yang terdampak pandemi, coba buat perencanaan keuangan yang lebih tepat. Anda harus mempersiapkan perencanaan keuangan seperti modal yang dibutuhkan, perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, rencana bisnis yang berstruktur, dan sebagainya.

3.Pencatatan transaksi secara nyata

Pastikan Anda mencatat setiap transaksi yang masuk dengan baik mulai arus kas masuk dan keluar, hutang piutang yang jatuh tempo, pencatatan aset dan harta perusahaan dan catatan detail lain. Kesalahan penghitungan bisa diminimalisir sebaik mungkin bila Anda memakai mesin kasir yang terintegrasi dengan pencatatan akuntansi yang kredibel.

4. Efisiensi anggaran jangka pendek dan panjang

Anda juga harus melakukan manajemen anggaran agar bisa mendapatkan efisiensi anggaran perusahaan sebaik mungkin. Efisiensi anggaran jangka pendek dan panjang bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis kedepannya, termasuk pemilihan inovasi bisnis agar usaha berkesinambungan dalam waktu lama.

5. Gunakan laba untuk mengembangkan usaha

Arus kas harus berada dalam pengendalian yang tepat agar Anda tahu keputusan terbaik untuk perkembangan bisnis. Gunakan laba usaha untuk kembali meningkatkan perkembangan usaha bukan sekadar untuk membeli keperluan pribadi saja. Prive pemilik usaha kelas kecil dan menengah merupakan hal wajar, tetapi harus berada dalam batas yang baik.

Kini Anda bisa menerapkan manajemen finansial untuk memulai bisnis UMKM dengan modal terbatas atau mendapat suntikan modal dari investor. Untuk mendukung efisiensi bisnis Anda lebih hemat dan praktis, cobalah memilih aplikasi software kasir dari Olsera. Anda bisa menikmati fitur menarik dari Olsera bukan sekadar mencatat transaksi secara real time saja. Anda bisa membuat laporan keuangan dari aplikasi kasir yang banyak digunakan pelaku usaha di Indonesia ini.

Anda perlu tahu bahwa Olsera memiliki fitur akuntansi yang bermanfaat untuk bisnis produk atau layanan jasa. Anda bisa menikmati fitur akuntansi yang terpercaya untuk meminimalisir risiko kesalahan pencatatan yang dilakukan manusia atau human error. Semua laporan keuangan tersaji oleh software yang mendukung perkembangan usaha, misalnya laporan laba rugi, laporan neraca, laporan modal, dan laporan arus kas yang sehat. Tinggal mencocokkan laporan dengan rekening koran agar keuangan bisnis Anda tetap stabil.

Yuk, segera daftar sekarang agar Anda bisa menikmati semua layanan Olsera yang terintegrasi dengan Tokopedia! Jangkauan yang lebih luas dengan potensi pendapatan lebih besar akan mendukung bisnis Anda semakin berkembang pesat dengan omzet lebih banyak. Yakin tidak ingin menikmati paket aplikasi yang menawarkan harga langganan terjangkau ini?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.