4 Cara Singkat Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Traveling

Anda sering merasa pusing atau mual saat melakukan perjalanan jauh? Itu mungkin pertanda terkena mabuk perjalanan atau motion sickness.

 

Mabuk perjalanan bisa terjadi pada setiap orang. Kondisi ini berawal ketika tubuh bergerak dan mengirim sinyal ke otak untuk mengatur keseimbangan tubuh. Bagi sebagian orang, ada yang terlalu sensitif dan tidak mampu mengolah sinyal saraf yang diterima. Akibatnya orang tersebut akan mudah merasa pusing, mual, dan tidak enak badan sepanjang perjalanan.

 

Kondisi ini tidak membahayakan, tetapi tentu tidak nyaman selama perjalanan. Rasanya tentu tidak enak ketika misalnya Anda sedang road trip ke Mandalika terletak di Lombok, lalu mengalami mabuk perjalanan. Selain tubuh tidak nyaman, juga cukup merepotkan orang lain.

 

Ada sejumlah penyebab mengapa seseorang bisa mabuk perjalanan. Seperti mempunyai gangguan di telinga bagian dalam, membaca buku atau hp terlalu fokus, sedang mengalami migrain, hingga memang ada riwayat mabuk perjalanan. Nah, jika memang terdapat riwayat kondisi tersebut, adakah cara mengatasinya?

 

Tentu saja ada cara mengatasi mabuk perjalanan, seperti berikut:

 

Menghirup minyak aromaterapi

Anda bisa mencoba menghirup minyak aromaterapi atau balsem untuk meredakan pusing dan rasa mual yang timbul. Biasanya, aromaterapi atau minyak angin yang cukup ampuh memiliki aroma eucalyptus atau minyak kayu putih, peppermint, lemon, dan lavender. Atau bisa juga yang beraroma rempah seperti jahe, kapulaga, dan adas. Anda bisa memilih aroma dan bentuk pengaplikasian minyak (roll on, balm, atau spray) sesuai kebutuhan.

 

Memejamkan mata dan istirahat

Jika menghirup minyak aromaterapi belum mempan, pejamkan mata dan ambil nafas secara perlahan. Apabila Anda menggunakan mobil, buka kaca jendela untuk menghirup udara segar selama beberapa menit. Sebaiknya istirahat sejenak pada rest area terdekat. Misalnya Anda menempuh perjalanan jauh dari Tangerang ke Bali. Temukanlah beberapa titik rest area untuk beristirahat sejenak sebelum beristirahat dengan benar pada hotel terbesar di Bali pilihan Anda.

 

Mengonsumsi permen mint dan jahe

Permen mint dan air seduhan jahe disinyalir dapat membantu meredakan pusing dan mual karena mabuk perjalanan. Aromanya yang kuat dapat membantu menenangkan tubuh. Sebaiknya jika Anda memiliki riwayat mabuk perjalanan, siapkanlah permen mint dan jahe untuk mengatasi kondisi tidak nyaman ini. Jika repot membawa air jahe, Anda bisa membawa permen jahe dengan rasa yang kuat untuk meredakan mual.

 

Minum obat anti mabuk perjalanan

Minum obat anti mabuk adalah “jalan ninja” untuk mengatasi mabuk perjalanan. Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung scopolamine atau dimenhydrinate untuk meredakan rasa mual. Sebaiknya jika Anda tahu akan terkena mabuk perjalanan, minum obat ini sebelum bepergian agar hasil kerjanya maksimal. Biasanya Anda akan lebih mudah tertidur setelah minum obat anti mabuk perjalanan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.